21/10/15

Cara Merawat Wajah Dengan Mudah

cara-merawat-wajah-dengan-mudah

Tips Kecantikan. Wajah adalah muka bagian depan dari kepala, pada manusia meliputi area dari dahi sampai dagu, yang meliputi rambut, dahi, alis, mata, hidung, pipi, mulut, bibir, gigi, kulit, dan dagu itu sendiri. Dari wajah atau muka dapat diketahui ekspresi,  penampilan dan identitas seseorang. Tidak ada satu wajahpun di dunia yang serupa, bahkan pada manusia kembar identik sekalipun.

Cara merawat wajah adalah proses perawatan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah baik secara alami maupun modern. Masalah pada kulit wajah bervariasi, dapat berkaitan dengan tekstur, tekanan sel, warna, dan kesehatan secara keseluruhan. Sedangkan proses perawatan wajah yang dapat dilakukan meliputi pembersihan, pemberian masker pada wajah, penghilangan komedo, pemijatan dan pemberian nutrisi.

Cara merawat wajah bukan hanya membersihkan wajah dari kosmetik dan kotoran dengan mencucinya menggunakan sabun dan air, tetapi juga perlindungan dari sinar ultraviolet maupun kelembaban. Karakter kulit wajah berbeda dari kulit di bagian tubuh yang lain, sehingga perlu perawatan yang berbeda. Kulit wajah merupakan kulit yang paling diperhatikan orang sebab pada umumnya ketertarikan atau pandangan seseorang berawal dari wajah. Dari wajah juga dapat dketahui kepribadian atau karakter seseorang, meskipun hal ini bersifat relatif, jadi merawat wajah merupakan hal penting agar kita dapat berpenampilan baik, cantik, dan rupawan.

Berikut ini akan diuraikan cara merawat wajah dengan baik dan benar agar Anda terhindar dari masalah kulit wajah.
  1. Sebelum melakukan perawatan wajah, sebaiknya Anda mengetahui jenis kulit Anda, apakah tergolong kulit normal, kering atau berminyak. Dengan mengetahui jenis kulit wajah, maka dapat ditentukan pemilihan produk untuk wajah yang tepat. Kulit normal : wajah memiliki kelembaban, minyak dan daya tahan yang seimbang. Kulit berminyak : wajah terlihat mengkilap, lembab atau berminyak setelah beberapa jam mencuci muka. Kulit kering : kulit seringkali akan terlihat mengelupas.Kulit sensitif : kulit seringkali terasa kencang atau gatal dan akan mengalami reaksi alergi saat terkena bahan kimia tertentu. Kulit kombinasi : jenis kulit dimana sebagian wajah berminyak, sementara bagian lainnya kering.
  2. Cucilah wajah Anda sewajarnya yakni saat mandi pagi atau sore hari atau saat berwudhu. Jangan terlalu sering mencuci wajah karena mencuci wajah terlalu sering hanya akan menyebabkan wajah menjadi lebih kering. Yang paling penting adalah selalu gunakan pelembab wajah agar kulit tidak kehilangan elastisitasnya.
  3. Tepuk-tepuklah wajah secara lembut dengan menggunakan handuk bersih sampai kering. Jangan mengeringkan wajah dengan menggosoknya, sebab kulit wajah bersifat sensitif. Pakailah handuk yang bersih agar wajah terhindar dari penularan bakteri.
  4. Walaupun sebenarnya tidak diperlukan, memakai penyegar wajah atau toner dapat membantu seseorang yang memiliki kulit berminyak, berjerawat atau dipenuhi pori-pori yang tersumbat. Memakai penyegar wajah dapat membantu menghilangkan minyak yang berlebih dan sel kulit mati yang tertinggal setelah membersihkan wajah.
  5. Jangan menggosok mata atau menggunakan pembersih kosmetik yang keras pada mata sebab area tersebut sangat peka.
  6. Jangan menyentuh wajah sebelum mencuci tangan. Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor bisa menyebarkan bakteri yang akan membuat pori-pori wajah meradang. Jika harus menyentuh wajah untuk memakai kosmetik atau krim wajah, cuci tangan terlebih dahulu untuk memastikan tangan bersih dari minyak dan kotoran.
  7. Menggunakan kosmetik yang cocok untuk jenis kulit. Cobalah memakai kosmetik non-comedogenic atau non-acnegenic, karena kosmetik tersebut dirancang khusus untuk membantu mencegah jerawat, peradangan dan tidak akan menyumbat pori-pori.
  8. Minum banyak air putih. Minumlah sedikitnya 8 gelas air putih agar tubuh tidak dehidrasi dan membuat tubuh mengandung banyak air sehingga tubuh akan dapat berfungsi dengan lebih baik, termasuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda.
Demikian informasi tentang cara merawat wajah dengan mudah, semoga tips ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar