20/10/15

Cara Memutihkan Kulit Wajah Mudah dan Praktis

cara-memutihkan-kulit-wajah-mudah-dan-praktis


Tips Kecantikan. Hampir semua wanita pasti ingin terlihat cantik bukan? Atau bagi para pria pasti juga ingin terlihat tampan dan bersih. Karena alasan tersebut kita sering menempuh berbagai cara, terutama kaum wanita, agar terlihat cantik dan menarik. Mulai dari perawatan tradisional hingga penggunaan kosmetik berharga mahal, namun sebaiknya Anda berhati-hati dan pandai memilih berbagai informasi seputar kecantikan yang banyak beredar. Jangan sampai karena ingin terlihat lebih cantik hasil yang didapat justru malah sebaliknya.

Agar tidak bingung dengan banyaknya informasi yang beredar, berikut ini kami sajikan tentang cara memutihkan kulit wajah secara alami. 

Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Beras

Anda pingin wajah cerah, wajah tidak kusam atau wajah tidak berjerawat? Anda bisa menggunakan beras sebagai masker untuk wajah. Beras merupakan kebutuhan pokok rakyat Indonesia karena beras adalah makanan utama kita. Dari zaman nenek moyang, beras mempunyai banyak manfaat salah satunya beras dapat membantu proses pencerahan kulit agar tidak kusam dan untuk kesehatan kulit.

Sebelum membuat masker dari beras, perlu diketahui beberapa jenis kulit yaitu kulit normal, berminyak, kering dan sensitif. Beras putih dapat digunakan dari mulai jenis kulit normal sampai kulit berminyak, beras merah dapat digunakan untuk jenis kulit normal sampai kulit kering, beras hitam untuk semua jenis kulit.
Flek hitam yang terdapat pada wajah disebabkan karena kelebihan pigmen melanin. Pigmen melanin adalah suatu pigmen yang mengakibatkan munculnya warna hitam, walaupun pigmen melanin ini bermanfaat untuk menangkal sinar ultraviolet tetapi kalau terlalu sering terpapar sinar matahari tentu resiko terkena kanker dapat meningkat dan bisa saja timbul kanker.

Kandungan yang terdapat di dalam beras salah satunya orizanol. Nah, manfaat dari orizanol ini bisa membantu proses keseimbangan perkembangan sel melanin, jadi sel melanin sedikit agak ditekan tapi tidak berlebihan, kulit cerah terhindar dari resiko kanker kulit akibat paparan sinar matahari.

Cara memutihkan kulit wajah dengan beras, langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Masukkan beras putih 2-3 genggam ke wadah untuk menumbuk (jawa: lumpang)
  2. Tumbuk beras sampai halus sehingga sari-sari yang terdapat dalam kandungan beras yaitu protein, glutein, vitamin bisa keluar dan masuk ke dalam kulit.
  3. Siapkan kain berbahan katun lalu tuang beras yang sudah ditumbuk sesuai dengan luas kain yang digunakan. Buat pola kain seperti suatu bentuk atau bahan yang bisa diaplikasikan atau diusap ke wajah.
  4. Siapkan 1 wadah air hangat dalam mangkok lalu celup selama 1-2 menit beras yang dimasukkan ke kain tadi, setelah itu diangkat. Biasanya sari-sari nya menyatu dengan air hangat tadi lalu diusapkan pada seluruh wajah.
  5. Usapkan pada wajah secara perlahan selama 2-3 detik.


Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Kentang

Selain cara di atas, cara memutihkan kulit wajah bisa juga dengan menggunakan kentang. Kok  kentang? Ada apa dengan kentang? Kentang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari sebagai campuran sayur mayur, campuran kue dan lain-lain, ternyata bisa juga digunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit wajah secara alami.

Kentang mengandung enzim katalase yang berfungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah dan menjadikan kulit lebih cerah. Pada pembuatan masker pemutih wajah secara alami ini, kentang dicampur dengan susu. Seperti kita ketahui bahwa susu adalah cairan bergizi yang kaya akan protein, lemak, vitamin, laktosa, mineral dan senyawa asam laktat dengan ph rendah serta nutrisi lainnya yang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

Cara membuat masker pemutih wajah alami dan pemakainnya dengan menggunakan kentang dan susu, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Kentang dikupas dulu kemudian diparut
  2. Setelah 1 biji kentang diparut, kemudian tambahkan dengan 1 sendok makan susu segar
  3. Aduk hingga rata hingga kentang dan susu menyatu
  4. Masker kentang dan susu segar siap digunakan untuk masker pemutih kulit wajah
Cara pemakaian:
  1. Bersihkan dulu wajah dari sisa-sisa kosmetik dan kotoran lain yang menempel pada wajah
  2. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk atau wash lap
  3. Oleskan masker kentang dan susu ini pada wajah dengan gerakan memutar sambil melakukan pijatan-pijatan lembut pada wajah secara merata
  4. Diamkan masker selama 15-20 menit
  5. Bilas menggunakan air sampai bersih
Lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur dan gunakan secara rutin selama 1 bulan penuh, biasanya dalam waktu 1 bulan sudah menunjukkan hasilnya.

Demikian informasi tentang cara memutihkan kulit wajah mudah dan praktis dengan menggunakan beras dan kentang, semoga tips ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar