01/11/15

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat

cara-menghilangkan-jerawat


Tips Kecantikan. Tonjolan kecil berwarna kemerahan pada kulit wajah mapun tubuh ini cukup menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang terutama wanita. Jerawat merupakan suatu keadaan dimana pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya, hal tersebut diperkuat dengan pernyataan seorang peneliti masalah jerawat di dunia bernama Dr. Albert M. Kligman. Menurutnya tak ada satu pun orang di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.
 
Walaupun bukan suatu penyakit yang berbahaya namun penyakit kulit yang kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit ini cukup membuat kesal orang-orang yang menginginkan penampilannya sempurna dengan kulit wajah yang mulus dan bersih. Tak ingin penampilannya terganggu, segala cara dilakukan agar bisa segera menghilangkan jerawat dari tubuh maupun wajahnya.

Berikut akan disajikan penyebab timbulnya jerawat :
  1. Udara yang kotor sering dianggap menjadi penyebabnya, namun jerawat tidak selalu muncul karena udara kotor melainkan terkadang lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Selain udara kotor beberapa mitos pun menyebar mengenai penyebab timbulnya jerawat diantaranya adalah memakan coklat. Namun tentu saja mitos tersebut adalah keliru karena coklat tidaklah menyebabkan jerawat, namun memakan terlalu banyak makanan manis memang tidak baik karena dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat hingga menyebabkan reaksi kimia berbahaya dalam tubuh dan mengakibatkan kulit kehilangan kekenyalan.
  2. Telpon genggam dapat menyebabkan jerawat. Menurut para ahli, permukaan telpon genggam memiliki lebih banyak bakteri daripada dudukan closet. Ada mitos yang mengatakan kalau terus-menerus membersihkan wajah dapat mencegah jerawat dan ternyata itu adalah mitos yang salah. Terlalu sering membersihkan wajah akan membuat kulit sangat kering sehingga tubuh mengirimkan sinyal untuk memproduksi lebih banyak minyak dan hal tersebut akan membuat wajah jadi sangat berminyak dan mudah berjerawat.
  3. Ada beberapa hal lain yang dianggap sepele namun ternyata memberikan kontribusi banyak dalam menimbulkan bahkan membuat jerawat makin parah. Hal tersebut diantara adalah topi dan ikat kepala, terlebih jika topi atau ikatan kepalanya terlalu ketat maka itu akan menggesek kulit yang akan mengakibatkan iritasi dan jerawat semakin parah. Begitu juga dengan pemakaian produk perawatan rambut yang tidak cocok karena hal tersebut dapat menyebabkan pori-pori tersumbat hingga jerawat lebih mudah tumbuh dan memperparah jerawat yang sudah ada.
  4. Selain itu ternyata kacamata juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Ya, kacamata dapat menularkan bakteri ke area mata serta kulit karena itu para pengguna kacamata harus secara rutin membersihkan bingkai kacamata dengan cairan khusus yang menghindarkan mata dan kulit dari bakteri.
  5. Sementara bagi Anda yang suka berolahraga sebaiknya dapat lebih memperhatikan lagi kebersihan pakaian olahraga. Biasakan mencuci pakaian olahraga setiap kali selesai dipakai karena pakaian olahraga telah menyerap banyak keringat dan memberikan ruang yang baik untuk bakteri tumbuh.
  6. Satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu pasta gigi. Ya, karena pasta gigi yang salah bisa menjadi pemicu parahnya jerawat apalagi jika jerawat Anda tumbuh di sekitar bibir dan mulut. Kulit yang sensitif terhadap bahan aktif sodium lauryl sulfat atau chloride biasanya akan memunculkan reaksi alergi berupa kulit yang mengelupas, berjerawat, gatal-gatal atau kemerahan. Penyebabnya karena busa yang memicu iritasi pada kulit. Itulah sebabnya Anda disarankan memilih pasta gigi berbahan herbal yang lebih ramah pada kulit.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat


Bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat? Tentu hal ini menjadi pertanyaan semua orang dan cara alami adalah cara yang terbaik untuk mencegah timbulnya tonjolan merah yang sangat mengganggu tersebut. Cara alami yang dimaksud adalah:
  1. Banyak mengkonsumsi bawang putih, karena bawang putih dapat menghancurkan bakteri jahat pada pori-pori kulit. Selain itu bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh termasuk kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.
  2. Selain bawang putih, paparan sinar matahari di pagi hari juga sangat bagus untuk mencegah timbulnya jerawat. Sinar matahari berguna agar sel-sel kulit menjadi aktif, jadi biarkan kulit Anda menerima sinar matahari pagi selama 15 menit.
  3. Selain itu tentunya aktivitas fisik dan tidur yang cukup juga sangat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat. Dengan stres yang dialami setiap hari akibat beban kerja atau macet di jalan sehingga membuat hormon menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Jadi dengan cukupnya tidur dan aktivitas fisik yang seimbang akan membantu hormon menjadi stabil kembali.
  4. Membersihkan racun dalam tubuh atau detox juga merupakan langkah yang tepat untuk mencegah timbulnya jerawat. Detox yang dilakukan cukup sederhana yaitu Anda hanya perlu meminum cukup air sehingga racun dalam tubuh dapat keluar bersama keringat.
  5. Langkah terakhir mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mencuci wajah Anda dengan air hangat. Air hangat dapat membuka pori-pori wajah diikuti dengan menggunakan sabun wajah untuk membersihkan kulit Anda secara maksimal, lalu akhiri dengan membasuhnya dengan air dingin agar pori-pori mengecil kembali.

Cara Menghilangkan Jerawat

Berikut cara menghilangkan jerawat yang belum 24 jam atau belum 1 minggu:
  1. Buat es batu menggunakan air dan masukkan ke dalam frezer.
  2. Setelah air menjadi es batu, gunakan es batu tersebut dengan cara diusapkan pada wajah yang berjerawat. Hal ini akan meredakan gejala inflamasi atau peradangan pada jerawat yang masih baru terutama yang baru timbul 24 jam atau 2 hari.
  3. Hati-hati bagi Anda yang suka memencet jerawat di bagian ujung hidung dan sudut bibir karena ada kemungkinan terjadi abses pada otak.
  4. Hindari berganti-ganti menggunakan produk obat jerawat.

Demikian informasi tentang penyebab timbulnya jerawat dan cara menghilangkan jerawat, semoga tips yang sederhana ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar