24/10/15

Rambut Beruban

rambut-beruban


Tips Kecantikan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan uban. Biasanya uban mulai muncul saat usia memasuki 40 tahun sebab pada usia tersebut pigmen di rambut mulai berhenti perlahan-lahan untuk memproduksi warna. Hal di luar kebiasaan adalah apabila uban mulai muncul pada usia yang relatif muda atau sekitar 20 tahun, kemungkinan disebabkan karena faktor genetik ataupun gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut penelitian dari ahli demartologi dan dokter ternama di dunia menyatakan bahwa uban tumbuh dari polikel demi polikel. Polikel adalah akar setiap helai rambut yang dikelilingi oleh sebuah tabung dari jaringan di bawah kulit, biasa disebut dengan kantung rambut. Ada pendapat di masyarakat bahwa apabila mencabut sehelai uban, rambut tersebut akan digantikan dengan uban baru dari polikel yang sama. Pendapat ini tidaklah benar. Jumlah polikel tidak akan bertambah, dengan demikian mencabut uban tidak akan membuat rambut di sekitarnya ikut berubah warna menjadi putih. Juga tidak akan membuat jumlah rambut putih bertambah, kalaupun muncul uban baru tidak akan berselang lama setelah uban lama dicabut. Namun bukan berarti mencabut uban adalah tindakan yang benar, hal ini dikarenakan mencabut uban dapat merusak kondisi polikel, akar rambut dan syaraf-syarat di kepala, selain itu kerusakan polikel akan berdampak pada kesehatan selaput kepala.

Banyak dari kita meyakini bahwa stres dapat membuat rambut seseorang memutih pada usia dini, namun sampai saat ini sulit untuk menyatakan dengan pasti bahwa faktor stres dapat menyebabkan rambut memutih. Stres memang dapat menyebabkan rambut rontok tetapi bukan jenis stres yang kita alami setiap hari seperti masalah pekerjaan di kantor atau masalah rumah tangga . Ini adalah stres yang berat, seperti kehilangan orang tercinta, shock, guncangan batin dan jenis kesedihan yang membuat hormon stres meningkat drastis dan menyebabkan rambut rontok. Hal tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, hal ini tidak langsung terjadi melainkan secara tidak langsung dalam bentuk rangkaian yang bersifat mempengaruhi hari demi hari.

Tidak ada seorang pun atau bahkan ahli medis yang dapat memprediksi munculnya uban. Cepat atau lambatnya pertumbuhan uban bisa dipicu penyakit kelainan genetik, ini disebabkan oleh berbagai faktor. Penggunaan moisturizing serum, ekstra nutrisi dan tonikum secara rutin dan intensif pada akar dan batang rambut dapat memperlambat munculnya uban, tetapi uban tidak bisa dicegah dengan cara apapun.

Zat peroksida dari senyawa hidrogen atau alkalin yang biasa terdapat pada produk pewarna rambut hanya akan menyerang permukaan lapisan kutikula bagian luar (korteks) dan bagian dalam (medula) rambut. Walaupun berpengaruh terhadap elastisitas rambut, zat peroksida tidak mengganggu kerja produksi melanin. Artinya pigmen rambut tidak akan berkerja memproduksi zat warna rambut sampai saatnya ia melemah dan berhenti dengan sendirinya.

Begitu juga dengan produk cat rambut lainnya, sistem kerjanya tidak berhubungan dengan siklus pertumbuhan uban. Sebaiknya melakukan cat rambut pada uban setiap 2 bulan sekali. Setelah 2 bulan akar rambut yang baru biasanya akan mulai terlihat. Apabila mengganggu penampilan, lakukan cat rambut atau pewarnaan secara berkala. Periode ini juga berguna untuk memberi jeda pada permukaan kulit supaya kondisi akar rambut kembali normal.

Makanan olahan yang mengandung bahan pengawet bisa mengganggu metabolisme. Hal inilah yang akan mempengaruhi sirkulasi oksigen dan nutrisi ke jaringan kulit kepala. Padahal oksigen dan nutrisi berfungsi mendukung kerja melanin di sel-sel rambut. Sebaiknya banyak mengkonsumsi vitamin C dan vitamin E, jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C dan vitamin E maka rambut akan berubah menjadi uban.

Unsur keturunan atau genetik juga berpengaruh pada pertumbuhan uban pada usia muda. Bila salah satu atau kedua orang tua mengalami rambut beruban pada usia muda maka hal tersebut akan diturunkan kepada anaknya. Sebagai perbandingan, orang kulit putih umumnya mulai beruban pada usia awal 30 an, orang asia pada usia 30 an dan orang afrika di pertengahan usia 40 an. Laki-laki akan lebih cepat beruban daripada perempuan, uban pada laki-laki biasanya muncul di sekitar usia 30 tahun dan usia 35 tahun pada perempuan. Separuh dari orang yang berusia 50 tahun sudah memiliki jumlah uban yang signifikan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam keadaan normal, artinya tanpa pengaruh penyakit usia munculnya uban ditentukan secara genetik.

Demikian informasi tentang rambut beruban, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan untuk mensikapi tumbuhnya uban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar